Pemerhati-ku

Sabtu, 06 September 2008

Sekelumit tentang Tan Malaka

Sekelumit tentang Tan Malaka


Tan Malaka, salah satu bapak pendiri republik Indonesia yang kebanyakan berada di belakang layar dan sangat dekat dengan rakyat jelata, ternyata sudah dilupakan oleh anak bangsa. Anak bangsa hanya kenal Tan Malaka sebagai penulis buku berjudul Madilog (materialistik, dialektika, dan logika). Namun banyak anak bangsa yang menggangap bahwa Tan Malaka adalah soerang komunis yang atheis.


Saya mendapatkan kata-kata yang dikeluarkan oleh orang minang yang lebih suka dipanggil dengan nama Bung ini. Mungkin dari sini kita bisa melihat sedikit seperti apa kepirbadian dan tujuan hidup dari Tan Malaka.


Ketika menghadap Tuhan, saya seorang muslim. Tapi bilamanakah berhadapan dengan manusia lainnya saya bukan muslim”


Mengajari anak-anak Indonesia saya anggap sebagai pekerjaan tersuci dan terpenting”


dari dua pernyataan tersebut kiranya kita bisa menilai bagaimana tujuan dan kepribadian dari seorang yang sering dilupakan dan malah dimusnahkan oleh anak bangsa sendiri. Bagi saya Tan Malaka tidak akan hilang, kerena dia sudah pernah hilang dalam kegelepan demi memperjuangkan nasib anak bangsa.



Setiap calon sering lupa, bahwa sesekali seseorang memilih sebuah profesi, mereka harus bereaksi secara tuntas”.



KAYSER SOZE

Tidak ada komentar: