Pemerhati-ku

Kamis, 29 Mei 2008

Trip Hilangkan Strees

Coba Bos Ini Trip Hilangkan Strees


Mengurus anak, merawat orangtua, melakukan pekerjaan di kantor,

serta mengurus urusan rumahtangga adalah kegiatan rutin Anda

sehari-hari. Tapi, bagaimana dengan diri Anda sendiri? Punyakah waktu

luang sedikit saja? Yuk, cari tahu apakah sudah waktunya Anda memerlukan

penyegaran.

Evaluasi keadaan kehidupan Anda melalui serangkaian pertanyaan berikut.

*Betul atau Salah:*

*Betul = 1 dan Salah = o*

1. Saya mempunyai waktu yang lebih dari cukup untuk melakukan apa saja

yang ingin saya lakukan.

2. Saya mengikuti diet kesehatan yang membantu saya merasa bertenaga.

3. Setiap hari saya merasa gembira.

4. Di dalam kehidupan, baik di rumah maupun di kantor, tidak ada orang

yang menekan saya.

5. Saya mencintai rumah saya (lokasinya, isinya, auranya, dan gayanya).

6. Saya tidak mempunyai masalah, baik di rumah ataupun di kantor.

7. Saya menjalani kehidupan untuk mengejar apa yang saya inginkan, bukan

untuk menjalani sesuatu yang harus saya lakukan.

8. Saya puas dengan pekerjaan dan pekerjaan saya bermanfaat bagi saya.

9. Paling tidak, setahun sekali saya mengambil cuti selama dua minggu.

10. Di akhir minggu saya tidak bekerja.

11. Kuantitas jam tidur saya cukup banyak.

12. Saya mempunyai kualitas waktu yang banyak dengan anak-anak dan/atau

dengan orang-orang yang berarti bagi saya.

13. Paling tidak, saya melakukan satu hobi saya di luar kegiatan

pekerjaan dan urusan keluarga.

14. Saya makan makanan yang membuat saya merasa bertenaga. Saya tidak

mengonsumi makanan yang tidak sehat.

15. Saya mempunyai waktu paling tidak 15 menit dalam sehari untuk diri

sendiri.

16. Saya mempunyai teman-teman yang menyenangkan dan menikmati

kebersamaan dengan mereka.

17. Saya tidak mempunyai beban atau perilaku ketergantungan.

Bila nilai Anda paling tidak 9, Anda mungkin menjalani kehidupan yang

seimbang. Bersyukurlah! Namun, bila nilai Anda 8 atau kurang, gaya hidup

Anda mungkin memerlukan penyegaran dan penataan ulang. Segera ambil cuti

dua hari. Lakukan relaksasi. Tanyakan diri sendiri dan jawab dengan

jujur, apa yang Anda benci, apa yang dapat Anda tolerir, atau apa yang

membuat Anda marah.

Setelah itu, buat daftar dan mulai lakukan yang terbaik untuk segera

memperbaikinya. Mengembalikan keseimbangan dalam kehidupan Anda sangat

penting. Tanpa perubahan, semuanya akan memburuk dan dapat membawa pada

gangguan depresi, gelisah, dan kelelahan yang sangat.



KAYSER SOZE

Tidak ada komentar: